Kamis, 03 November 2011

(tulisan 4) software design grafis

Diposting oleh ananda bunga di 09.04

Tulisan 4
Ananda bunga Firdausi (59410465)
2IA16
Software design grafis.
Pernahkan anda melihat gambar abstrak pada poster/kaus/tembok yang memaduan gambar wajah manusia dengan tulisan ukiran yang rumit ?jika pernah dalam dunia design jenis gambar tersebut termasuk kedalam golongan pop art.pop art merupakan seni visual yang dipengaruhi oleh gambar serta tehnik dalam dunia periklanan pada abad 20,biasanya mengenai sifat konsumtif dan kultur pop pada masa itu.ciri khas pop art adalah penggabungan foto serta permainan warna yang beeani,kadang juga disertai penggunaan simbol-simboluntuk menyampaikan pesan si pembuatnya.desain pop art seringkali menggunakan teks berukuran besar dengan stoke yang tebal.
            Saat ini banyak orang mempelajari ilmu design baik untuk sekedar bisa ataupun sebagai mata pencaharian.kegiatan design tidak bisa lepas dari computer sebagai alat bantunya.kali ini saya akan merekomendasikan beberapa sofrtware design yang saya dapat dari berbagai sumber sehingga dapat mempermudah anda dalam membuat design menggunakan computer.
1.     Adobe Photoshop
Software ini merupakan software pengolah gambar yg paling lengkap dan canggih. Kemampuan software ini dalam memperbaiki gambar dan foto sudah tak diragukan lagi.Software ini menjadi salah satu software yg wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang desain grafis. Memang tidak mudah mempelajari dan menggunakan software ini, tetapi di internet terdapat berbagai tutorial yg bisa Anda gunakan. Terdapat tutorial untuk pemula sampai tutorial untuk tingkat mahir.
2.  Coreldraw
Software ini banyak digunakan oleh para desain grafis untuk berbagai kebutuhan. Salah satu kebutuhan yg bisa dipenuhi oleh software ini adalah kebutuhan didalam bidang promosi. Software ini cocok untuk membuat desain brosur, poster, spanduk, dan desain lainnya. Hasilnya merupakan file dgn ekstensi cdr yg bisa juga Anda eksport ke format lain, seperti format gambar.
3.  Adobe Freehand
Software desain ini sebenarnya dulu dimiliki oleh perusahaan Macromedia. Namun sejak tahun 2005, Macromedia dibeli oleh Adobe termasuk Freehand di dalamnya. Sejak itulah Freehand menjadi Adobe Freehand.Ada macam-macam software yg dimiliki oleh Adobe, termasuk Ilustrator yg sangat mirip Freehand. Oleh karena itu, Freehand tidak mengalami banyak perkembangan saat diambil oleh Adobe.
4.  Adobe Ilustrator
Seperti yg sudah saya paparkan di atas, Ilustrator adalah salah satu software yg menjadi andalan Adobe. Oleh karena itu, banyak versi software ini yg sudah dikeluarkan untuk melengkapi kemampuannya dalam desain grafis. Adabanyak peralatan desain yg ditanamkan dalam software ini. Untuk itulah diperlukan keuletan dalam mempelajari penggunaan software ini.Sebenarnya macam-macam software itu mempunyai prinsip kerja yg sama. Semua tergantung dari kebiasaan Anda sebagai pengguna software tersebut.Kreativitas-desainer harus lebih berkembang lagi, itu adalah bagaimana mereka dapat menggunakan gambar dan teks yang membawa pesan yang sesuai dengan teks dan gambar yang digunakan. Ia harus berdasarkan komposisi yang tepat.Kualitas perancang harus berdasarkan kualitas produksi dapat mengambil gambar yang baik jika mereka adalah harga yang akan dijual dan yang menarik untuk mata masyarakat.
Teknologi yang terus berkembang dan malam hari, dan banyak lagi kualitas desain grafis software sedang dirancang siang dan malam. Desainer tidak terbatas untuk menggunakan hanya satu versi dari software. (ar/km/so) 
Sumber sumber
www.suaramedia.com
bukuàdesign pop art untuk orang awam:jayan

0 komentar:

Posting Komentar

 

haha hihi my life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez