Jumat, 18 November 2011

(tugas 1) pengertian hacker dan cracker

Diposting oleh ananda bunga di 00.06
tugas softskill 1
nama:ananda bunga firdausi
npm:59410465
kelas:2IA16
Pengertian Hacker dan Cracker
dalam dunia programming kita sudah sering mendengan istilah hacker. pertama kali kita mendengar istilah ini pasti yang terlintas dipikiran kita adalah seseorang yang berbuat kejahatan.kalau kita mau telusuri hacker sebenarnya tidak melakukan hal negative yang merugikan orang lagi tetapi Hacker adalah seseorang yang mengerti sebuah sistem, bagaimana caranya sistem tersebut bekerja, dan mengetahui jawaban dari pertanyaan seperti ini : " Jika saya menambahkan, meng edit, atau menghapus bagian ..... , maka yang terjadi adalah ..... Misalnya saja, anda mengerti bagaimana cara membuat mobil, mengerti bagian-bagian mesinnya, dan mengetahui komponen apa saja yang di butuhkan sebuah mobil agar mobil tersebut bisa berjalan dengan baik.
Selain itu, hacker juga sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer. Hacker juga bisa dikategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu sistem dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ditemukannya.
sama halnya dengan hacker.karena dia mengetahui bagaimana cara berjalannya sebuah system otomatis dia juga dapat memanipulasi sistem tersebut sesuai keinginannya. ia juga mengetahui letak kelemahan dan kelebihan dari system tersebut.
pada dasarnya menjadi seorang hacker adalah baik,karena kita jadi bisa menambah keahliaan kita dalam memanipulasi sebuah program yang sudah ada.namun ada beberapa pihak menyalahgunakan keahliannya tersebut untuk berbuat hal hal yang tidak perlu seperti merusak system misalnya.
disamping hacker anda uga pasti sering mendengr istilah cracker.Cracker adalah seorang yang kegiatannya hanyalah merusak, menembus dan mengganti halaman suatu situs adalah menjadi hobi dengan alasan untuk uji coba kemampuannya. ataupun hanya untuk mengasah ilmu yang sudah di dapatnya. ada pula yang menyebutkan
Sedangkan cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari sistem yang dimasuki seperti : pencurian data, penghapusan, dan lainnya.
hacker dan cracker dibedakan oleh perbedaan yang sangat tipis.sewaktu waktu seorang hacker bisa bebubah menjadi cracker ataupun sebaliknya. Hacker mempunyai konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat dengan perbedaan istilah antara hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa bahwa hacker yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu, seperti menyisipkan kode virus dan mencuri sebuah data transaksi penting, dan lain sebagainya. Padahal mereka adalah cacker. Cracker menggunakan celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak sebuah sistem. Atas alasan ini biasanya para hacker dipahami dibagi menjadi 2 golongan White Hat Hackers yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.
agar anda tidak bingung berikut perbedaan antara hacker dan cracker
[*]Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
[*]Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
[*]Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
[*] cracker Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagian contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
sumber sumber:
buku TIK 1, Supriyanto

0 komentar:

Posting Komentar

 

haha hihi my life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez