Senin, 10 Oktober 2011

(tulisan 2) social media

Diposting oleh ananda bunga di 06.47
         
            Saat ini pengguna internet di Indonesia meningkat tajam di banding beberapa tahun sebelumnya.hal ini di picu oleh beberapa hal.salah satunya adalah social media yang merupakah salah satu fasilitas di internet yang memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan pengguna internet yang lainnya.informasi yang di sampaikan melalui social media sanagt cepat dan dapat dengan mudah kita dapatkan.bahkan saat ini social media sendiri menjadi semacam tren baru di kalangan masyarakat Indonesia.
            Manfaat social media yang menjadikan masyarakat tertarik untuk menggunakannya adalah dapat menghubungkan si pengguna dengan pengguna social media yang lainnya. Sering kali teman teman yang sudah lama berpisah dengan kita dengan mudah bisa kita cari dalam social media sehingga hubungan yang tadinya terputus dapat terjalin kembali.selain itu kita juga dapat mencari teman teman baru karna banyaknya pengguna social media. Social mediajuga merupakan sarana komunikasi yang baik. Sehingga saat ini orang lebih tertarik bertukar kabar menggunakan social media daripada hanya menggunakan sms.
            Social media juga di manfaatkan oleh beberapa orang untuk sarana bisnis.karena proses pertukaran informasinya yang cepat dan hamper setiap orang punya social media merupakan sarana promosi yang baik.para pengusaha dapat dengan bebas menggunakan social media untuk mempromosikan barang dagangannya.dengan menggunakan social media juga promosi yang dilakukan akan menyebar dengan cepat.bagi para pengusaha berbisnis menggunakan social media bisa jadi salah satu metode baru untuk menyiasati kurangnya modal.
            Social media terbagi menjadi beberapa macam sesuai dengan kegunaannya.berikut beberapa contoh sosila media berdasarkan kegunaannya:

Communication(Berkomunikasi)
Sosial media jenis ini umumnya bertujuan untuk menyalurkan hobby menulis, mencari dan menambah teman-teman virtual, kemudian bercakap-cakap via chat media yang tersedia. Contoh :
·         Blog : Blogspot (Blogger), WordPress, Multiply, LiveJournal, Blogsome, Dagdigdug, dll.
·         Microblog : Twitter, Tumblr, Posterous, Koprol, Plurk, dll
·         Social Networking : Friendster, Facebook, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dll
·         Forum : Kaskus, Warez-bb, indowebster.web.id, forumdetik
·         Q/A (Question/Answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me
Collaboration(Berkolaborasi)
Bentuk social media jenis ini bertujuan untuk saling mengisi kekurangan dan saling berkolaborasi ide, gagasan dan pendapat melalui situs-situs berbasis web 2.0 yang editable. Contoh :
·         Wiki : Wikipedia, Wiki Ubuntu-ID, wakakapedia, dll
·         Social Bookmark : Del.icio.us, StumbleUpon, Digg, Reddit, Technorati, Lintas Berita, Infogue
·         Writing : cerpenista, kemudian.com
·         Reviews : Amazon, GoodReads, Yelp
Multimedia
Berisi tentang hasil karya cipta user/pengguna, baik berupa gambar, foto, maupun desain yang bisa dishare ke pengguna lainnya. Contoh social media dalam kategori Multimedia diantaranya :
·         Image and Photo Sharing : Flickr, Photobucket, DeviantArt, dll
·         Video Sharing : YouTUBE, Vimeo, Mediafire, dll
·         Audio and Music Sharing : Imeem, Last.fm, sharemusic, multiply
·         Design : Threadless, GantiBaju, KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia).

             Internetsehat.org
             Diki Andreas. 2010. Chickenstrip : Why Did the Chicken Browse the Social Media?. Jakarta : Elex Media Komputindo.

0 komentar:

Posting Komentar

 

haha hihi my life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez